15/09/17

Indonesia Butuh (Kerja Keras) Kamu



Indonesia adalah negara yang memiliki luas wilayah keseluruhan meliputi daratan dan perairan 1,905 juta km2, dan memiliki sekitar 261,1 juta penduduk. Dari berjuta-juta penduduk itu salah satu diantaranya adalah kamu. Ya, kamu. Tentu saja yang aku maksud adalah kamu yang berkewarganegaraan Indonesia, karena tulisan ini memang spesial untuk warga negara Indonesia 😊

Indonesia adalah negara. Tapi, kamu tahu gak sebenarnya negara itu apa? Biar lebih jelas sebaiknya kita runut satu persatu ya pengertiannya. Menurut seorang filsuf Yunani, yaitu Plato, negara adalah suatu organisasi kekuasaan manusia dan merupakan sarana untuk tercapainya tujuan bersama. Dari pengertian Plato, kita tahu bahwa negara adalah organisasi  ---yang tentunya besar---. Nah, tujuan bersama sebuah organisasi akan tercapai kalau orang-orang di dalamnya, sesuai peran masing-masing, ikut berusaha untuk mencapai tujuan itu. 


Kamu tentu tau kan tujuan negara Indonesia itu apa aja? Negara Indonesia punya empat tujuan yang sudah sangat jelas tercantum di dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke-empat, yaitu (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; (2) Memajukan kesejahteraan umum; (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa; (4) Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Kamu ---siapapun kamu, apapun pekerjaanmu, apapun agamamu, apapaun sukumu, dan dari daerah manapun kamu---, negara Indonesia yang kaya sumber daya alamnya sangat membutuhkan (kerja keras) kamu untuk mencapai empat tujuan itu. 


Kalau kamu merasa tidak punya kemampuan apa-apa untuk negaramu, hal yang harus kamu lakukan adalah tetap bekerja keras. Kerja keras untuk apa? Tentu saja untuk lebih mengenali dirimu sendiri dan menemukan kemampuan apa yang bisa kamu kerahkan untuk negaramu. Dan kalau kamu merasa selama ini hanyalah orang yang menyebabkan banyak masalah untuk dirimu dan negaramu, bekerja keraslah untuk membuat dirimu sadar akan apa yang kamu lakukan selama ini dan bekerja keraslah untuk mengubah dirimu menjadi orang yang lebih baik serta menjadi orang yang berguna bagi dirimu sendiri, orang-orang yang berada di sekitar kamu, dan negaramu.


Tanpa kerja kerasmu, sumber daya alam yang merupakan benda-benda mati seperti tanah dan air di wilayah Indonesia akan tetap menjadi tanah dan air dalam bentuk apa adanya. Tanah tidak akan bergerak sendiri menjadi apapun yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan negara ini dan air tidak akan bisa memberikan kehidupan yang lebih baik untuk negara ini dengan sendirinya.


Karena, Indonesia butuh kamu.
Dan,


“Jangan tanyakan apa yang dapat dilakukan negaramu untuk kamu, tanyakan apa yang dapat kamu lakukan untuk negaramu.” --- John F. Kennedy



Sumber :
- http://www.indonesia.go.id/
- https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
- http://www.ngelmu.id/pengertian-negara-menurut-para-ahli/




Sumber Gambar :
- http://www.kompasiana.com/aliffebry/cerpen-sebuah-bendera-untuk-negeriku-indonesia_56a432fe80afbd57048b4569


Be First to Post Comment !
Posting Komentar