23/07/17

Kilas Balik PPSMB Palapa UGM 2016


Tak terasa hampir satu tahun berlalu semenjak rangkaian acara paling tak terlupakan bagi saya yang menjadi salah satu bagian dari ribuan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada, rangkaian acara tersebut bukan lain adalah Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru atau singkatnya PPSMB ( ospek kampus UGM ) yang tahun ini diadakan selama enam hari dimulai pada tanggal satu hingga enam Agustus 2016 dengan mengusung tema “Locally Rooted, Globally Respected”.  

Sekitar satu bulan sebelum berlangsungnya PPSMB PALAPA 2016, panitia mengumumkan tugas apa saja yang harus dikerjakan dan atribut apa saja yang harus dibawa atau dipakai pada saat rangkaian acara PPSMB melalui http://ppsmb.ugm.ac.id/. Tugas-tugas yang harus dikerjakan cukup banyak, akan tetapi untung saja bukan soal-soal Matematika, Fisika, Ekonomi, Geografi, ataupun soal-soal tes masuk perguruan tinggi lainnya, melainkan soal-soal yang menyangkut ke-UGM-an 😃. Kemudian panitia juga mengumumkan pembagian gugus untuk PPSMB Universitas dan kelompok untuk PPSMB Fakultas, saya berada di gugus Sutrisno Hadi 3 dan kelompok Gareng Lameng.

Kegiatan pada rangkaian acara PPSMB PALAPA 2016 setiap harinya berbeda-beda, hari pertama dan kedua merupakan kegiatan PPSMB Universitas, kemudian pada hari ketiga dan keempat kegiatan PPSMB Fakultas, sedangkan dua hari terakhir merupakan pelatihan softkill.

Hari pertama dan kedua

Sekitar kurang lebih sembilan ribu mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia yang tadinya belum saling mengenal maupun sudah dengan semangat dan ( mungkin ) dengan perasaan campur aduk yang sulit dideskripsikan seperti saya dikumpulkan menjadi satu dan disambut dengan meriah di lapangan Grha Sabha Pramana pada hari pertama untuk mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru. Pada upacara ini rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Dwikorita Karnawati M.Sc, Ph.D, dan tokoh penting yaitu Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum KAGAMA ( Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada ), H. Ganjar Prawono, S.H., M.IP, memberikan sambutan yang membuat saya bertambah semangat mengikuti PPSMB PALAPA 2016. Selain sambutan dari kedua tokoh penting di atas, ada juga Display UKM Universitas Gadjah Mada yang sangat mengesankan dan membuat rasa kepanasan ditengah-tengah lapangan dan di bawah terik matahari menjadi tidak terasa, kemudian di menit-menit terakhir kami para wajah-wajah baru UGM disuguhi atraksi terjung payung yang luar biasa dari Resimen Mahasiswa UGM yang membuat saya merinding sekaligus berdecak kagum. 

                          

                                    

Setelah upacara berakhir, kami para mahasiswa baru sesuai gugus masing-masing diarahkan menuju ruangan yang sudah ditentukan untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya bersama ko-fasilitator. Di ruang 303, Fakultas Psikologi, di mana gugus Sutrisno Hadi 3 melaksanakan kegiatan berupa penyampaian materi ke-UGM-an dan materi lainnya oleh ko-fasilitator yang disampaikan dengan, diskusi, games, dan kuis yang tentunya sangat menyenangkan dan membuat saya dan teman-teman saya yang awalnya merasa canggung karena belum terlalu mengenal menjadi lebih akrab. Sama halnya dengan hari pertama, di hari kedua saya dan teman-teman baru di Sutrisno Hadi 3 diberi materi yang membuat kami mengenal lebih jauh kampus yang dijuluki Kampus Kerakyatan ini dan materi lainnya.

Hari ketiga dan keempat                    
Pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2016 merupakan pelaksanaan PPSMB Fakultas di mana setiap mahasiswa baru melaksanakan PPSMB di fakultas masing-masing. Di Fakultas Ilmu Budaya, kegiatan berlangsung sangat meriah dan para mahasiswa baru disuguhi banyak penampilan dari Badan Semi Otonom ( BSO ) yang membuat saya dan mahasiswa baru lainnya terpukau, di antaranya adalah paduan suara, theater, tari-tarian, dan lain sebagainya. Kemudian para mahasiswa baru juga diperkenalkan tentang apa itu LEM FIB UGM, BSO, dan HMJ ( Himpunan Mahasiswa Jurusan ) masing-masing. Tidak hanya itu, di PPSMB Fakultas Ilmu Budaya juga diadakan talkshow bersama Dekan dan Wakil Dekan yang menjabat saat itu dan juga talkshow bersama budayawan sekaligus penulis yang belum saya ketahui sebelumnya.


Hari kelima dan keenam
Dua hari terakhir ini para mahasiswa baru kembali bergabung dengan gugus PPSMB Univesitas masing-masing untuk melaksanakan pelatihan sofkill bersama ko-fasilitator dan pembicara yang merupakan dosen Universitas Gadjah Mada. Materi yang diberikan di antaranya tentang ‘Kepemimpinan’, ‘Kewirausahaan’, dan materi lain yang sangat bermanfaat bagi saya sebagai mahasiswa baru yang diharapkan kelak mampu berkontribusi membangun negara Indonesia menjadi  lebih baik.



Di hari terakhir dan di jam-jam terakhir pula setelah materi softkill selesai, semua mahasiswa baru dikumpulkan kembali di lapangan Grha Sabha Pramana untuk  melaksanakan inagurasi dan penutupan PPSMB PALAPA 2016. Hal yang saya tunggu - tunggu kala itu adalah membentuk formasi atau human LED lima lambang atau logo organisasi, empat di antaranya merupakan bentuk formasi pada PPSMB PALAPA tahun-tahun sebelumnya

                                   .  

                                   

                                   

                                   

                                   


Mengingat keseruan-keseruan saat itu membuat saya ingin mengulang kembali PPSMB PALAPA 2016 yang penuh dengan kegiatan yang menyenangkan dan membantu saya dan mahasiswa baru agar lebih siap menjalani masa perkuliahan yang sangat berbeda dari masa SMA.




P.S : tulisan ini pernah di post di blog saya yang lain disini. Dan sudah diedit sedemikian rupa 😊




Sumber gambar :
-          - http://instagram.com/ppsmb_ugm
         Grup LINE Sutrisno Hadi 3

Be First to Post Comment !
Posting Komentar